Assalamualaikum.wr.wb. ILMU PENGETAHUAN DAN TEHNOLOGI: TUGAS WAN II

Senin, 22 September 2014

TUGAS WAN II

          JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI:

1.apa yang di maksud dengan NIC
2.sebutkan tujuan adanya jaringan komputer
3.apa yang dimaksut dengan lisensi per user
4.apa yang di maksut vpn
5.sebutkan perusahaan2 yang menyediakan jasa sambungan untuk wan di indonesia
6.apa yang di maksut dengan usat
7.sebutkan beberapa teknologi yang di pergunakan untuk menghubungkan wan
8.apa yang di maksut denga frame relai
9.apa saja yang dapat dihubungkan oleh frame relay
10.sebutkan poin2 dalam pengujian terakhir pada titik jaringan

JAWABAN:

1.NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
http://www.g-excess.com/pengertian-dan-fungsi-nic-dalam-jaringan.html

2.Tujuan dari jaringan komputer yaitu, antara lain :
Resource Sharing , tujuan ini agat seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh orang yang berada atau berhak atas suatu jaringan komputer tanpa terpengaruh lokasi. 
http://prasetyomanan.blogspot.com/2013/11/tujuan-jaringan-komputer.html 

3.Lisensi Per Device or Per user
Pada mode lisensi ini kita harus menyiapkan sebuah perangkat untuk client acess license (CAL).Perangkat ini di gunakan untuk melakukan koneksi antar user dengan server, jadi pada saat user akanmelakukan koneksi ke server maka harus melewati CAL terlebih dahulu.Lisensi ini bisa digunakan bila anda mempunyai lebih dari satu server, misalnya anda mempunyai 10user dengan 10 server. Jika anda mempunyai 10 user dan 10 server maka saat anda menggunakan lisensi per server anda membutuhkan 10 lisensi per server. Sendangkan apabilah anda menggunakan lisensi per user adna cukup menyediakan satu perangkat CAL untuk melakukan koneksi ke server tersebut. Jadi dengan katalain apabila anda memiliki lebih dari satu server maka lisensi per user ini akan jauh efektif dibading denganlisensi per server.Berbeda dengan lisensi per server, jika pada lisensi per server anda bisa melakukan migrasi ke lisensi per user maka pada lisensi per user ini anda tidak bisa melakukan migrasi ke lisensi per server walaupun satu kalisaja.
http://www.scribd.com/doc/50795037/Pengertian-Active-Directory-windows-2003

 4.VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
/dhimasnugraha.wordpress.com/2010/10/23/pengertian-dan-cara-kerja-vpn/

5.perusahan yang menyediakan jasa WAN di indonesia
   - Inovassi Mitra Solusindo, PT Mega Cinere Estate 
   - Autojaya Idetech, PT Istana Pasar Baru Building 
 http://alamatkantorindonesia.com/2010/daftar-perusahaan-jasa-pembuatan-wireless-wan-lan/  

6.USART (Universal Syschronous Asynchronous Received Transmitter) merupakan salah satu mode komunikasi yang dimiliki oleh Mikrokontroler ATMega8535. USART memiliki 2 pin (RxD dan TxD) untuk Asynchronous dan 3 bit TxD, RxD, xCK untuk Synchronous.
http://dendiatama.blogspot.com/2012/01/pengenalan-usart-atmega8535.html 

7.Teknologi WAN menghubungkan perangkat-perangkat WAN yang termasuk didalamnya adalah:
  1. Router, menawarkan beberapa layanan interkoneksi jaringan-jaringan dan port-port interfance WAN
  2. Switch, memberikan koneksi kepada bandwidth WAN untuk komunikasi data, voice, dan juga video
  3. Modem, yang memberikan layanan interfance voice, termasuk channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang memberikan interfance layanan T1/E1; Terminal Adapters/Network Termination 1 (TA/NTI) yang menginterfance layanan Intergrated Services Digital Network (ISDN)
  4. System komunikasi dalam teknologi WAN menggunakan pendekatan model layer OSI untuk encapsulation frame seperti halnya LAN akan tetapi lebih difocuskan pada layer Physical dan Data link.
http://www.dtcnetconnect.com/AMP/index.php/blogs/302-berbagai-macam-teknologi-wan 

8.Frame Relay adalah konsep di mana informasi akan dikirim menggunakan data frame dalam format digital. Penggunaan layanan relay ini data dapat dikirim dengan cara yang cepat dan efisien melalui internet. Frame Relay juga merupakan cara yang paling murah untuk mengirim data ke titik lain. Frame Relay juga umum digunakan dalam jaringan LAN dan jaringan WAN.
http://ti6pjarkom.wordpress.com/2012/06/05/pengertian-dan-fungsi-frame-relay/

9.Perangkat Frame Relay
Sebuah jaringan frame relay terdiri dari “endpoint” (PC, server, komputer host), perangkat akses frame relay (bridge, router, host, frame relay access device/FRAD) dan perangkat jaringan (packet switch, router, multiplexer T1/E1). Perangkat-perangkat tersebut dibagi menjadi dua kategori yang berbeda:Pengantar Virtual Circuit (VC),Switched Virtual Circuit (SVC).
http://mudji.net/press/?p=111 

10.PPP (Point To Point Protocol)
     - pendahuluan
     - PPP Komponen
     - Operasi Umum
    - Persyaratan Lapisan Fisik
    - PPP Link Layer
    - Link-PPP Control Protocol
http://a114513-2009-04853.blogspot.com/2011/11/pengertian-tentang-ppp-point-to-point.html    

1 komentar: